Kalam Khobar (part 2)
Ayo ngaji selasa

By Hacked By YakuzoHaxor 28 Mar 2022, 17:55:04 WIB Ramadhan
Kalam Khobar (part 2)

Kalam khobar berbeda dengan kalam insya' (???? ?????). Kalam insya' itu mengandung kepastian, sehingga sifatnya tidak ada keraguan. Misal, Zaid memerintahkan Umar untuk mengambilkan air minum, maka perintah tersebut sifatnya pasti dan tidak ada makna yang lain.

 

Ketika kalam khobar memiliki makna yang belum tentu ada kepastiannya, lalu bagaimanakah kita melihat hadits dan Alquran yang itu semua mayoritas berupa informasi. Alquran dan hadits yang mengandung informasi tetaplah disebut kalam khobat meski kebenarannya bersifat pasti. Oleh karena itu termasuk kalam khobar, maka tidak heran jika kemudian muncul tafsir terhadap ayat-ayat quran dan syarah terhadap hadits-hadits. Dari situlah muncul khilafiyah atau perbedaan atas pemahaman yang ada meski redaksi ayat qurannya sama dan redaksi haditsnya juga sama.

 

Untuk membedakan kalam khobar (khobariyah) dengan kalam insya' (insya'iyah) adalah bisa dilihat dari makna atau teks apakah memiliki makna ganda atau makna pasti. Jika memiliki makna ganda dan telah lalu maka masuk kategori kalam khobar. Dan jika memiliki kandungan makna pasti maka itu masuk kategori kalam insya',

 

Wallahu A'lam

M. Agil Misbah Nawawi


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment